Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

SEJARAH SUBANG Januari 16, 2010

Filed under: Kumbang Asal Usul — kumbang99 @ 9:04 pm

Nama “subang” memiliki kesamaan dengan nama tokoh dalam cerita pantun, Nyai Subanglarang, yakni adik perempuan Walangsungsang. Subang pada mulanya merupakan daerah perkebunan yang dimiliki oleh Peter Willem Hofland. Ia merupakan pemilik dari wilayah perkebunan yang sangat luas. Untuk keperluan transportasi digunakan lori, yang disebut dogong. Di seluruh perkebunan dipasang jalur rel kereta api.

Lori ini, disatu titik (Wesel), mengalami persimpangan yang mengarahkannya ke daerah Sumurbarang dan  Manyingsal. Pada tahun 1886, nama perusahaan perkebunan yang bernama Perkebunan P & T (Pamanukan & Tjiasem) berganti nama NV. Maatschappy Ter Exploitatie der Pamanukan en Tjiasem Landen.

Sebagai wilayah sebelah timur Kabupaten Karawang, Subang menjadi ibukota Karawang Bagian Timur atau ibukota Kabupaten Purwakarta. Tepatnya pada tanggal 2 Januari 1949 dengan SK Wali Negeri Pasundan Nomor 12.

Di dalam perkembangan selanjutnya, karena wilayah Subang sebagai bagian dari Kabupaten Purwakarta dirasakan terlalu luas, maka terjadilah pemekaran daerah. Subang menjadi Kabupaten tersendiri sebagai pemekaran dari Kabupaten Purwakarta berdasarkan Undang-undang No. 4 tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Pada tahun 1950 Subang menjadi sebuah perkebunan karet yang luas. Pusat kegiatannya berada di bawah perusahaan “The Anglo Indonesian Plantation LTD”.

About these ads
 

4 Responses to “SEJARAH SUBANG”

  1. yusandi Says:

    Subanglarang itu bukan adik Walangsungsang, tapi ibu Walangsungsang. Adiknya itu namanya Larasantang, adik lelakinya Segara Santang.

  2. wandhe Says:

    mksh sob,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.