Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

6 Gejala Penyakit Serius (Bagian 1) Januari 14, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 8:53 pm

Tubuh kita memiliki alarm sendiri untuk menginformasikan adanya penyakit atau gangguan. Sayangnya, sinyal atau alarm ini sering kita abaikan. “Tubuh mempunyai sistem peringatannya sendiri untuk menghindari munculnya gangguan serius,” kata Neil Shulman, salah satu penulis buku Your Body’s Red Light Warning Signals.

Untunglah, kebanyakan alarm yang disampaikan tubuh tidak serius, misalnya sakit kepala umumnya merupakan tanda kita sedang stres, kebanyakan kafein, atau dehidrasi. Demikian juga dengan menguap terus-menerus yang merupakan tanda kurang tidur atau tubuh kurang bergerak. Meski begitu, ada beberapa gejala penyakit serius yang tidak boleh diabaikan.

1. Kelumpuhan di bagian tangan atau kaki, rasa kebas, pusing, sulit memegang sendok atau benda lain, penglihatan ganda, pandangan mendadak gelap saat melirik, lidah pelo atau cadel, dan merasa lemah, terutama pada separuh wajah atau tubuh.

Tanda-tanda tersebut merupakan gejala stroke. Stroke adalah gangguan fungsi otak karena terganggunya suplai darah ke otak. Jika aliran darah terhambat lebih dari beberapa detik, sel-sel otak di area yang tak teraliri akan rusak secara permanen, bahkan menyebabkan kematian.

Gejala yang muncul bergantung pada saraf mana yang terganggu. Jika yang tersumbat adalah pembuluh darah besar, akan banyak bagian tubuh yang kehilangan fungsi, misalnya separuh badan. Namun, jika hanya arteri kecil yang tersumbat, kelumpuhan mungkin hanya terjadi di bagian tangan atau kaki.

Jika sudah terlihat tanda-tanda awal stroke, penanganan medis harus dilakukan secepat mungkin. Jika sampai terserang stroke, penderita akan terancam kehilangan waktu produktifnya, bahkan kecacatan.

2. Nyeri di bagian dada, rasa sakit di bagian tangan, rahang, atau leher, berdebar-debar, napas cepat, keringat dingin, lelah berlebihan, mual, muntah, serta sesak napas.

Gejala di atas merupakan tanda serangan jantung. Segeralah mencari pertolongan ke rumah sakit. Menurut Prof dr Teguh Santoso,  SpPD, SpJP, ahli penyakit jantung dari RS Medistra, pasien serangan jantung harus segera ke rumah sakit untuk membuka bekuan darah.

“Dokter harus segera memecah atau menyedot bekuan darah. Bila hal ini dilakukan dalam waktu 90-120 menit, angka kematiannya bisa ditekan,” katanya dalam suatu kesempatan.

Meski demikian, harus dipahami juga bahwa tidak semua pasien serangan jantung mengalami gejala nyeri dada atau sesak napas. Pada wanita, terutama yang sudah menopause dan orang dengan diabetes, mereka tidak merasakan serangan jantung yang “tidak begitu sakit”.

Namun, bersikap waspada dan segera mencari pertolongan, terutama jika mengalami beberapa gejala seperti mendadak merasa sangat lemah atau lumpuh, mual, sesak napas, atau berkeringat, segeralah ke dokter.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s