Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Ikhwanul Muslimin Mesir Punya Pemimpin Baru Januari 16, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 8:30 pm

Gerakan oposisi utama Mesir, Ikhwanul Muslimin, telah memilih Mohammed Badie, tokoh konservatif, sebagai pemimpinnya, demikian pendahulunya mengumumkan pada, Sabtu (16/1/2010).

Badie, seorang guru besar di satu perguruan tinggi di bagian selatan negara itu, “dipilih secara konsensus oleh para anggota dewan pertimbangan,” kata Mohammaed Akef dalam jumpa pers di Kairo.

Ikhwanul Muslimin (Persaudaraan Muslim), kelompok oposisi terbesar di Mesir, secara resmi dilarang tetapi menguasai seperlima kursi di parlemen setelah mencalonkan calon-calon independen dalam pemilihan umum tahun 2005. Gerakan yang didirikan pada 1928 itu juga berafiliasi dengan negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya, di antaranya berstatus resmi.

Pemimpin Ikhwanul Muslimin Mesir dalam teori merupakan pemimpin gerakan itu di forum internasional tetapi kelompok-kelompok di negara-negara lain dalam praktik berdiri secara otonom.

Badie, yang dilahirkan pada 1943 di kota Delta Nil, Mahalla e-Kubra, pernah dijebloskan ke dalam penjara selama sembilan tahun pada 1960-an setelah dituding sebagai anggota sel militer Ikhwanul Muslimin yang dituduh merencanakan penggulingan pemerintahan waktu itu. Ia kemudian bertanggung jawab atas pendidikan ideologi dalam gerakan itu.

Pemilihan Badie terjadi setelah perseteruan antara kelompok konservatif yang menginginkan organisasi memberikan penekanan pada aktivitas ideologi dan pembaharu yang mendorong peran publik lebih aktif gerakan itu.

Akef mengundurkan diri tahun lalu sebelum masa kepemimpinannya habis sebagai protes setelah kelompok anggota konservatif menentang promosi bagi Essam Erian, yang bekerja sama dengan sayap kelompok reformis.

Sayap konservatif berkonsolidasi untuk menguasai pemilihan politbiro. Wakil Ikhwanul Muslimin Mohammed Habib dan pemimpin reformis Abdel Moneim Abdul-Futuh tergusur dari posisinya masing-masing dalam pemilihan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s