Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Grup Tolak UN Bertaburan di Facebook Januari 18, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 10:23 am

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) bagi siswa sekolah menuai kontroversi. Gerakan menolak penyelenggaraan UN pun bertaburan di Facebook.

Para Facebooker ini kompak membentuk barisan untuk menentang penyelenggaran UN yang dinilai merugikan siswa.

Salah satu grup Facebook yang menolak penyelenggaraan UN adalah grup bertajuk ‘Hapuskan Ujian Nasional-Stop Membuat Ketakutan Siswa dan Siswi”

Dalam infonya, grup Facebook ini mencantumkan tujuannya, yakni untuk membubarkan Ujian Nasional, karena ujian nasional dinilai hanya membuat mental siswa dan siswi down, bukannya memperbaiki kualitas pendidikan tapi hanya menurunkan kualitas pendidikan, apalagi dengan naiknya nilai rata-rata UN di tiap tahunnya, dipastikan banyak siswa dan siswi stres dan ketakutan tidak lulus ujian.

Grup ini juga menyebutkan sisi negatif dari UN, yakni dinilai hanya membuang anggaran atau uang pemerintah, banyaknya kebocoran soal UN, membuat mental pelajar drop serta banyaknya pelajar yang bunuh diri karena tidak lulus UN.

Grup tersebut sukses meraup banyak dukungan. Saat disambangi detikINET, Minggu (17/1/2010), pk 12.26, sebanyak 161.353 orang telah menjadi anggotanya.

Penolakan terhadap UN juga disampaikan melalui grup Facebook bertajuk ‘Gerakan 1.000.000 Facebooker tolak UN’. Misi yang diusung pun sama dengan grup Facebook di atas, yakni menolak UN karena dinilai merugikan siswa. Lebih dari 13 ribu orang bergabung dengan grup ini.

Masih ada sejumlah grup Facebook lainnya yang menolak pengadaan UN, di antaranya grup ‘Tolak UN’ , ‘Tolak UN penentu kelulusan’ dan sebagainya.

Sepertinya kontroversi penyelenggaran UN ini masih akan terus berlanjut. Hari ini sebuah aksi turun jalan pun dilakukan ratusan orang di Bundaran HI untuk menolak UN.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s