Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Sekilas Riwayat Kelam Mehmet Ali Agca Januari 18, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 9:37 pm

Mehmet Ali Agca dibebaskan dari penjara setelah menyelesaikan hukuman akibat membunuh Abdi Ipekci, seorang kolumnis surat kabar terkemuka pada 1979.

Ia harus menjalani hukuman seumur hidup. Ini berarti hingga 36 tahun, di bawah aturan hukum Turki, karena membunuh Ipekci. Awalnya, Agca mengaku membunuh Ipekci, tetapi kemudian mencabut penyataannya itu.

Baru sekitar enam bulan di penjara Turki—masih pada tahun 1979—Agca berhasil melarikan diri. Agca kemudian menembak Paus di Roma, dua tahun kemudian (1981).

Dalam sebuah pemberitaan, pascapenembakan Paus, Agca dilaporkan memiliki jaringan dengan Serigala abu-abu, kelompok militan sayap kanan yang berjuang dengan melakukan pertempuran jalanan melawan kaum kiri pada tahun 1970-an.

Setelah diekstradisi pada 14 Juni 2000, Agca kembali diganjar hukuman berlapis, tujuh tahun dan empat bulan untuk dua kasus perampokan di Turki yang dilakukan pada tahun 1979.

Namun, karena Agca mendapat pengurangan hukuman penjara di Italia serta memperoleh beberapa amnesti sehingga waktu hukumannya berkurang cukup banyak.

Sewaktu Agca kembali ke Turki, sempat terjadi kekacauan perhitungan sisa masa penahanan. Agca bahkan sempat dibebaskan pada 2006, sebelum direvisi delapan hari kemudian dan ia ditahan kembali hingga 18 Januari 2010.

Sementara itu, sehubungan dengan keinginan Agca untuk masuk wajib militer, pihak militer diharapkan segera memberi klarifikasi.

Di negara Turki, aturan wajib militer harus dijalani oleh warga negara hingga berusia 41 tahun. Sementara Agca telah berusia 52 tahun.

Saat ini Agca mengaku ingin membuat otobiografi. “Saya sedang mempertimbangkan menawarkan pembuatan buku otobiografi serta film dokumenter televisi,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s