Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Prancis-Jerman Himbau Warga Tinggalkan IE Januari 19, 2010

Filed under: Kumbang Com — kumbang99 @ 10:31 pm

Prancis mengikuti Jerman yang menyarankan pengguna PC agar men-download browser lain. Peringatan itu setelah diketahui Internet Explorer Microsoft terdapat cacat kritis.

Pemerintah Prancis mengeluarkan nasehat pada pengguna komputer, merekomendasikan agar mereka beralih ke browser web yang berbeda, seperti Firefox atau Google Chrome.

Peringatan itu mengikuti langkah serupa oleh pemerintah Jerman, setelah ditemukan Internet Explorer mengandung cacat keamanan serius yang dapat dieksploitasi oleh hacker dan pejahat cyber.

Microsoft minggu lalu mengakui bahwa browser Internet Explorer menjadi korban hacker yang menjebol akun email aktivis hak asasi manusia di China. Namun perusahaan itu mengatakan pemerintah Jerman bereaksi berlebihan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh kerentanan itu dan pengguna umum tidak berisiko.

Bantahan Microsoft itu tidak menghentikan pemerintah Prancis menerbitkan buletin melalui Certa. Badan pemerintah itu yang bertanggung jawab mengelola dan melindungi terhadap ancaman cyber.

Buletin itu menyebut semua versi Internet Explorer terpengaruh oleh cacat keamanan itu dan disarankan agar orang menggunakan browser alternatif.

Namun, para pakar keamanan mengatakan bahwa pengguna komputer seharusnya hanya menggunakan web browser yang berbeda jika mereka yakin mereka tahu apa yang mereka lakukan.

“Nasihat saya adalah hanya beralih dari Internet Explorer jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dengan browser Anda tukar,” kata Graham Cluley, seorang penasehat keamanan senior di Sophos. “Setiap browser memiliki masalah keamanan, sehingga peralihan dapat menghapus risiko saat ini, tapi bisa mengekspos kepada orang lain”.

Australia Juga Ingatkan Bahaya Internet Explorer

Australia mengingatkan pengguna internet di negaranya untuk berhenti menggunakan IE. Langkah itu menyusul himbauan serupa di Prancis dan Jerman yang telah melakukannya terlebih dahulu.

Larangan itu berkaitan dengan serangan dalam bentuk kode berbahaya (malicious code) terhadap browser Microsoft itu.

Sejumlah serangan serupa diterima situs raksasa pencarian Google. Serangan pada Google didesain untuk mengeksploitasi IE 6. Namun Microsoft baru mengeluarkan security advisory agar pengguna mewaspadai penggunaan IE 6, 7, dan 8. Mereka juga mendapat laporan serangan itu dari sejumlah perusahaan.

“Meski begitu, kami baru mendapatkan bukti serangan itu efektif terhadap IE 6. Belum ada serangan lebih luas, terutama yang ditujukan untuk pengguna secara umum,” demikian pernyataan Microsoft yang dilansir news.com, Selasa (19/1).

Perusahaan yang dibangun miliuner AS Bill Gates itu menyarankan pengguna untuk upgrade ke IE 8 yang kuat terhadap serangan. Kemudian juga mengganti Windows XP versi lama ke Service Pack 3. Solusi ini terbilang efektif.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s