Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

‘Stop Kekang Kebebasan Berinternet!’ Januari 19, 2010

Filed under: Kumbang Net — kumbang99 @ 11:14 am

Sejumlah negara melakukan kontrol ekstra ketat terhadap internet. Turki adalah salah satunya. Kini negara tersebut diminta meninjau ulang kebijakannya dalam membungkam ribuan situs. Turki diminta menghentikan pengekangan kebebasan berekspresi di internet.

Seruan ini dilontarkan oleh sebuah Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (Organization for Security and Cooperation in Europe / OSCE). Organisasi hak asasi manusia ini meminta Turki untuk mereformasi hukumnya yang telah memblokir 3.700 situs internet.

Dengan pemblokiran ini, warga negara Turki tidak bisa mengakses situs-situs seperti YouTube, GeoCities dan sejumlah page di Google.

“Keputusan tentang apa yang diblokir terkesan sewenang-wenang dan berbau politis,” ujar Miklos Haraszti dari OSCE, seperti dikutip detikINET dari SMH, Selasa (19/1/2010).

Haraszti mengaku maklum jika yang diblokir pemerintah Turki adalah situs-situs pornografi. Namun, undang-undang internet negara tersebut dinilai membatasi kebebasan warga negaranya untuk berekspresi serta membatasi hak-hak warga negara untuk memperoleh informasi.

Bukan hanya Turki yang ketat dalam mengatur penggunaan internet, masih ada Myanmar, China yang juga begitu keras mengontrol penggunaan internet warganya. Kebebasan penggunaan internet di Iran juga jauh dari kata menggembirakan. Beberapa waktu lalu, sejumlah blogger ditahan karena memprotes hasil Pilpres di Iran.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s