Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

300 Tewas Akibat Rusuh di Nigeria Januari 20, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 12:25 pm

Sekira 300 orang tewas dalam kerusuhan yang sudah berlangsung tiga hari di kota Jos, Nigeria. Kerusuhan ini dipicu perselisihan antara warga muslim dan kristiani di negara kaya minyak tersebut.

Tidak ada laporan jumlah pasti atas jatuhnya korban atas kerusuhan ini. Hingga kini kerusuhan antara warga muslim dan kristiani masih terus berlangsung di beberapa bagian kota Jos. Warga diketahui saling berjibaku dengan dilengkapi senjata api serta benda tajam lainnya.

Seorang pemuka agama Kristen setempat menyebutkan, jika pada hari Senin 18 Januari lalu sekira 50 pengikutnya dilaporkan tewas dalam kerusuhan tersebut. Sementara 15 orang juga dilaporkan tewas pada hari Selasa 19 Januari.

“Senin lalu 50 orang dilaporkan tewas,” ungkap Pendeta Chung Dabo Tokoh Asosiasi Umat Kristiani Nigeria (CAN) seperti dikutip AFP, Rabu (20/1/2010). Pendeta Dabo juga mengungkapkan, jika tambahan 15 orang yang tewas dilaporkan terjadi di kota kecil Bukuru, yang terletak di pinggiran kota Jos.

Sebelumnya seorang tokoh Muslim Nigeria Balarabe Dawud menyatakan, sekira 192 orang tewas dalam semalam pada hari Selasa 19 Januari kemarin. Sementara di hari Minggu 17 Januari lalu, saat kerusuhan pertama kali pecah, 26 orang dilaporkan tewas untuk pertama kalinya. Sementara mengenai bentrokan di Bukuru, Dawud melontarkan jumlah berbeda dari yang dikeluarkan Dabo.

Menurut Dawud, bentrokan di Bukuru menyebabkan lima orang tewas, hal ini juga dipastikan oleh petugas medis yang kebetulan bertugas di daerah itu.

Bentrok ini terjadi saat pemuda Kristen memprotes pembangunan sebuah masjid di wilayah yang didiami warga Kristen Nigeria. Insiden yang terjadi di distrik Nassarawa Gwom tersebut mengakibatkan beberapa rumah dan kendaraan dibakar saat bentrokan terjadi.

Jos serta beberapa kota lain di Nigeria seringkali dilanda kerusuhan, akibat sentimen agama di wilayah tersebut. Kerusuhan terburuk terjadi pada November 2008 lalu saat ratusan orang terbunuh dalam bentrokan selama dua hari di kota Jos. Bentrokan saat itu dipicu oleh kabar kekalahan Partai Rakyat Nigeria yang mayoritas muslim terhadap Partai Rakyat Demokratik yang mewakili umat Kristen Nigeria.

Namun pada bentrokan saat ini diperkirakan bisa menjadi lebih buruk lagi dibandingkan peristiwa pada 2008 lalu, mengingat hingga hari ini kerusuhan masih terus berlangsung antara kedua kubu yang bertikai.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s