Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Keranjingan Teh Manis Januari 21, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 11:11 am

Apa pun makanannya, minumannya harus teh manis. Ini bukan iklan. Ini kenyataan yang banyak terjadi di masyarakat. Segelas teh manis hangat menemani nasi goreng di pagi hari. Teh manis dingin sebagai penutup makan siang. Secangkir teh manis hangat di sore hari. Segelas lagi di sesi makan malam. Bayangkan apa yang terjadi bila kebiasaan ini dilakukan setiap hari.

Penjelasannya sederhana. Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori. Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatannya). Kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1900 kalori per hari (tergantung aktivitas). Dari teh manis saja kita sudah dapat 1000-1200 kalori. Belum ditambah 3 kali makan nasi beserta lauk-pauk. Patut diduga kalau setiap hari kita kelebihan kalori. Ujungnya: obesitas dan diabetes.

Hindari risiko di atas dengan mengganti kebiasaan minum teh manis dengan air putih yang nol kalori. Atau, nikmati teh tanpa gula, atau batasi jumlah konsumsi gula tidak lebih dari 2 sendok teh sehari.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s