Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Menguak Arti Cinta Sesungguhnya Januari 21, 2010

Filed under: Kumbang Zeksualitas — kumbang99 @ 11:02 am

CINTA, topik hangat dalam pembicaraan yang kehadirannya membawa energi dan semangat baru bagi mereka yang tengah “jatuh”. Namun saat ego lebih dipentingkan, cinta telah disalahartikan. Jangan heran jika kata putus atau cerai menyebar bagai virus.

Menilik lebih dalam arti kata cinta, novelis ternama Andrei Aksana menjelaskan cinta merupakan saat-saat di mana setiap pasangan tidak lagi mementingkan dirinya sendiri.

“Menurut saya, cinta antara suami istri adalah saat keduanya tidak perhitungan lagi. Tidak mendahulukan setiap keinginan agar terpenuhi. Bukan take and give lagi, tetapi give, give, and give. Karena cinta seperti itulah cinta yang sesungguhnya,” paparnya seusai acara peluncuran novel terbarunya, “Janda-Janda Kosmopolitan” di Soho Music Cafe, Senayan City, Jakarta, Selasa (19/1/2010).

Sebab, sebuah hubungan yang baik, ditambahkannya, bukanlah perpaduan pribadi yang mengagungkan diri sendiri dengan terus memakai kata “Aku” dan “Kamu”, tapi penggabungan dua pribadi menjadi utuh.

“Hubungan akan lebih baik, bukan di mana aku setengah, kamu setengah dan kita menjadi satu. Tapi, kita utuh sebagai manusia, dan pasangan kita pun demikian. Jadi satu ditambah satu adalah dua, maka akan lebih kuat dan lebih kokoh, contohnya seperti kaki. Kalau kaki kita hanya satu, pastinya tidak kokoh. Sama halnya juga dengan mata atau telinga, kalau hanya satu pasti ada yang kurang,” tandas penulis yang pernah merilis novel “Abadilah Cinta” dan “Karena Aku Mencintaimu” ini.

Lain lagi makna cinta bagi mereka yang sedang memadu kasih. Menurut sudut pandang ikon sastra ini, cinta menjadi wadah dua sejoli untuk saling melengkapi.

“Orang pacaran karena perbedaan. Kalau kita tidak mencari yang berbeda, berarti kita tidak saling melengkapi. Jadi, buat apa kita cari yang sama seperti kita? Cinta hadir untuk melengkapi satu sama lain,” ujar alumnus Desain Arsitektur yang punya cita-cita menjadi sutradara film.

Andrei menanggapi kenyataan bahwa selama pacaran, pasangan merajut kasih kerap mudah untuk saling mengumbar pujian dan ungkapan cinta. Ia mengatakan tak setuju dengan ungkapan “Kamu adalah belahan jiwaku”. Menurut penggemar novelis Pablo Neruda ini, ungkapan tersebut akan terasa lebih pas jika diubah dengan “Kamu adalah bagian dari jiwaku yang lain”.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s