Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Razia Dubur Tak Efektif Cegah Sodomi Januari 21, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 10:43 am

Langkah aparat kepolisian menggelar razia anak jalanan dan mengecek duburnya untuk mengetahui apakah menjadi korban sodomi tidak pantas dan tidak efektik untuk mencegah kejahatan seksual tersebut.
“Saya kira setuju dengan Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) yang mengecam operasi dubur karena tidak manusiawi dan tidak pantas,” tandas Kriminolog Universitas Indonesia Iqrak Sulhin kepapada okezone, Kamis (21/1/2010).

Menurut dia, tindakan yang tidak etis ini tidak akan efektif untuk mencegah anak-anak jalanan dari pelaku sodomi. “Masa mencegah kejahatan dengan cara seperti itu. Akan lebih efektif pantau dan mencari para pengorganisir anak jalanan, tujuan dan motivasinya untuk apa, bukan anaknya yang dijadikan target,” terang Iqrak.

Dari para pihak yang mengorganisir tersebut bisa digali banyak informasi, apakah mereka terlibat eksploitasi ekonomi, seksual, dan psikologis terhadap anak jalanan. “Kalau ada indikasi, mereka harus dijerat hukum,” tegas dia.

Dia mengungkapkan, pelaku sodomi belum tentu semuanya bermodus seperti Bayquni alis Babeh, tapi siapa saja bisa memungkinkan. Sebab itu, dengan memeriksa dubur anak jalanan belum tentu dapat melacak pelaku sodomi karena kemungkinan lainya masih banyak.

Sebelumnya, ide razia dubur anak jalanan ini muncul akibat maraknya anak jalanan menjadi korban penyimpangan seksual

Pemprov bersama Polda Metro Jaya hari ini menggelar pemeriksaan terhadap anak jalanan. Kepala Dinas Sosial DKI Budihardjo mengatakan, pemeriksaan tersebut untuk melihat aspek kesehatan dari anak jalanan.

“Apakah yang bersangkutan menjadi korban yang namanya penyimpangan seksual atau tindak kekerasan,” kata Budihardjo

Menurut dia, operasi tersebut dilakukan bersama aparat kepolisian dalam sebuah tim. Nah, tim tersebut akan bekerja secara komprehensif.

Budihardjo menjelaskan, dulu operasi hanya digelar oleh Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja. Tapi kini, ada aparat kepolisian yang turut membantu. “Dengan masuknya kepolisian siapa tahu nanti ditemukan Babeh-Babeh yang lain,” terangnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s