Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Kerusuhan SARA>18 Ribu Warga Nigeria Mengungsi Januari 22, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 10:09 am

Kerusuhan SARA yang terjadi di Nigeria menyebabkan sekitar 18 ribu orang meninggalkan rumah mereka. Mereka kini tinggal di masjid-masjid, gereja dan tenda-tenda darurat.

Demikian disampaikan Palang Merah Internasional seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/1/2010). Jumlah korban tewas selama empat hari bentrokan antara warga muslim dan Kristen itu setidaknya mencapai 160 orang.

Namun menurut para pemimpin lokal muslim dan Kristen, korban tewas telah mencapai sekitar 300 orang. Paramedis juga memberikan angka yang sama.

“Sejauh ini sekitar 18.000 orang telah pergi dari rumah mereka akibat bentrokan itu,” demikian statemen Palang Merah Internasional.

“Selama bentrokan dan setelahnya, tim-tim Palang Merah Nigeria telah memberikan pertolongan pertama pada lebih dari 250 orang dengan luka-luka tembak, golok, memar atau retak dan mengevakuasi 150 korban tewas ke rumah sakit terdekat,” kata Umar Mairiga, direktur manajemen bencana Palang Merah Nigeria.

Kerusuhan SARA terjadi di Kota Jos, Nigeria utara sejak Minggu, 17 Januari lalu. Kelompok gank-gank bersenjata golok dan pistol menebar teror di kota itu. Kekerasan ini terjadi setelah keributan mengenai rencana pembangunan sebuah masjid di satu daerah mayoritas Kristen di kota Jos. Di Kota Jos sendiri, jumlah populasi warga muslim dan Kristen hampir sama besarnya.

Menurut warga setempat, kerusuhan mulai mereda pada Rabu, 20 Januari waktu setempat setelah tentara Nigeria dikerahkan ke kota tersebut. Jam malam juga diberlakukan di kota itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s