Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Rajin Ngeseks Bikin Pergelangan Tangan Sakit Januari 22, 2010

Filed under: Kumbang Zeksualitas — kumbang99 @ 10:36 am

SAKIT pada pergelangan tangan sering kali disebabkan penggunaan komputer yang berlebihan, atau bekerja dengan mesin berat. Tapi, hasil dari sebuah studi terbaru mengungkap terlalu sering berhubungan seks juga bisa memicu sakit di seputar pergelangan tangan. Apa pasal?

Gerakan berulang-ulang ketika sanggama menempatkan beban tambahan pada pergelangan tangan. Hal ini menyebabkan sindrom carpal tunnel, yaitu salah satu jenis masalah pergelangan tangan yang paling umum ditemukan di Inggris. Sindrom saraf menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di seputar pergelangan tangan, dan ini dialami satu dari 20 puluh orang.

Seperti dilansir The Sun, penyakit ini adalah salah satu bentuk penyakit paling umum dari repetitive strain injury (RSI), yang menyebabkan rasa sakit pada 5.4 juta orang per hari dalam setahun. RSI adalah kerusakan (cedera) yang terjadi pada otot atau jaringan syaraf tubuh lainnya, karena melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Sehingga hal ini menyebabkan nyeri pada otot-otot dan jaringan syaraf yang terkait, dan dalam waktu lama dapat menyebabkan cacat.

Menurut penelitian, peningkatan jumlah pasien ini bertepatan dengan peluncuran obat baru seperti viagra. Epidemik obesitas juga turut andil memicu kenaikan jumlah penderita pergelangan tangan. Mereka menjelaskan, beban berat pada pergelangan tangan bisa menyebabkan banyak masalah.

Peneliti Dr John Zenian, yang menulis jurnal Medical Hypotheses ini mengungkapkan, ”Dilihat dalam beberapa tahun terakhir, berhubungan seks dapat menjelaskan keseluruhan peningkatan insiden sindrom carpal tunnel, karena itu adalah kegiatan yang paling melatih dan menggunakan kedua tangan pada waktu bersamaan.”

Lebih lanjut, Zenian menambahkan, “Peningkatan sindrom carpal tunnel di Inggris menimpa usia setengah baya dan para orangtua. Sindrom carpal tunnel adalah ketika saraf memanjang dari lengan ke dalam tangan, yang memberikan tekanan dan remasan puncak pergelangan tangan. Dan ini mengakibatkan rasa sakit, kelemahan atau mati rasa pada pergelangan tangan.”

Menurut Zenian, penyebab pasti belum diketahui. Beberapa peneliti telah mengungkapkan bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh gerakan pergelangan tangan yang berulang, ataupun penggunaan alat-alat tangan bergetar yang telah disalahkan dalam beberapa kasus. Peneliti lainnya juga mengatakan bahwa penggunaan keyboard dan mouse secara berlebihan menyebabkan kondisi tangan mengalami rasa sakit. Dan yang paling mengejutkan, sanggama juga dapat menyebabkan kondisi tangan mengalami kelelahan akibat menopang bobot tubuh secara berulang-ulang.

”Itu sepenuhnya masuk akal. Studi ini menunjukkan bahwa kita memiliki lebih banyak waktu untuk bercinta dan biasa mencoba berbagai macam posisi yang berbeda,” kata fisioterapi Chartered, Sammy Margo.

”Pada gaya bercinta missionary, kita meletakkan banyak tekanan pada pergelangan tangan masing-masing. Itu bisa menyebabkan ketegangan pada pergelangan tangan, bahkan merobek jaringan di pergelangan tangan yang dapat berkontribusi untuk terjangkitnya sindrom carpal tunnel,” tutup Margo.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s