Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Pohon Ditebangi, Ratusan Kera Mengamuk Januari 24, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 7:00 pm

Aksi ratusan kera di perbukitan Curug Cisayang, Kampung Cisayang, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, membuat resah warga setempat karena hasil pertanian milik mereka dirusak. Ratusan kera ini merusak tanaman palawija, padi dan kacang-kacangan

Kepala Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Sukabumi, Roni Mamahit menuturkan, kejadian itu telah berlangsung sejak tiga tahun yang lalu. Bahkan, warga di dua RT, yakni RT 12 dan RT 13 Kampung Cisayang pernah melakukan perburuan terhadap kera-kera tersebut.

“Warga berhasil menangkap 30 ekor kera yang seringkali berkeliaran di sekitar pemukiman. Warga pernah memberikan racun kepada kera-kera tersebut melalui pisang yang diberikan, namun tak efektif,” katanya.

Ia menilai ratusan kera turun ke perbukitan dan merusak tanaman pertanian milik warga karena habitat kera telah dirusak. “Di perbukitan tersebut, terdapat hutan produksi milik Perhutani. Perhutani sering melakukan penebangan pohon, sehingga merusak habitat kera,” ujarnya.

Akibatnya, ratusan kera liar itu marah sehingga kemudianĀ  merusak tanaman milik warga. Oleh karena itu, kata dia, dalam waktu dekat pihaknya bersama warga akan melakukan penangkapan ratusan kera liar itu, sehingga tidak ada lagi tanaman pertanian milik warga yang rusak.

Ia mengaku dilematis untuk membunuh ratusan kera liar itu karena di satu sisi kera merupakan satwa yang dilindungi, namun di sisi lain keberadaan kera itu meresahkan warga. “Saya minta agar dinas terkait membantu untuk menyelesaikan masalah ini, sehingga warga tidak merasa dirugikan. warga pun tidak melakukan pelanggaran dalam membunuh satwa yang dilindungi tersebut,” tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s