Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Baku Tembak, 11 Warga Papua Nugini Tewas Januari 25, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 8:52 pm

Baku tembak antar suku terjadi di Papua Nugini mengakibatkan 11 orang tewas. Bentrokan diduga dipicu sengketa pembagian proyek gas yang bernilai USD15 miliar atau sekira 139,5 triliun.

Namun polisi membantah penyebab bentrokan itu. Mereka menepis anggapan jika insiden tersebut terkait dengan proyek gas dari perusahaan minyak ternama, ExxonMobil. Demikian diberitakan Reuters, Senin (25/1/2010).

Menurut surat kabar setempat, baku tembak diawali saat empat kelompok bersenjata saling menyerang akhir pekan lalu di Kota Pawale. Selain menewaskan 11 orang, peristiwa ini juga menyebabkan 250 rumah hancur. Sementara ratusan perempuan dan anak-anak terpaksa mengungsi dari daerah tersebut.

Menurut The Post Courier, baku tembak dipercayai terkait dengan aksi pembunuhan yang dipicu pembagian keuntungan proyek gas, pada Desember 2009 lalu. Sebelumnya kelompok suku setempat melakukan negosiasi dengan Pemerintah Papua Nugini mengenai pembagian keuntungan, setelah pipa gas melewati wilayah mereka.

Tetapi ketika negoasiasi lanjutan, kelompok suku yang wilayahnya dilalui pipa gas justru tidak diikutkan dalam negosiasi lanjutan, bahkan ada yang mengatakan jika mereka tidak diajak dalam pembicaraan.

Akibatnya hingga kini setiap suku yang wilayahnya dilalui pipa gas, seringkali terlibat kekerasan menuntut pembagian keuntungan.

Papua Nugini dipenuhi pipa-pipa gas yang dibangun di sebagian besar wilayah negara yang berbatasan langsung dengan Provinsi paling timur Indonesia, Papua. Pipa gas terpanjang membelah wilayah Selatan hingga menuju Ibu Kota Papua Nugini, Port Moresby. Jalur pipa tersebut membentang hingga 710 km.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s