Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Jangan Sepelekan Bau Badan Januari 25, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 9:09 pm

MENGELUARKAN keringat adalah hal yang wajar. Namun bagaimana bila keringat berlebihan dan mengakibatkan bau badan (BB)? Segera sikapi dan cari tahu penyebabnya. Problem bau badan (BB) tentu sangat mengganggu.

Bila tak segera diatasi problem yang satu ini bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Setidaknya inilah yang pernah dirasakan oleh Jeihan Juliarti. Setahun yang lalu, karyawati di sebuah perusahaan swasta ini mengalami problem tersebut.

Menurut perempuan berusia 24 tahun ini, seiring bertambahnya aktivitas, keringat pun keluar lebih banyak. Ujungnya, bau badan tak sedap pun muncul menyertai setiap keluarnya keringat.

”Malu rasanya, seperti ingin menghindar dari semua orang, bahkan saya merasa terkadang orang-orang menghindar dari Saya,” kata perempuan yang akrab disapa Jei.

Sampai saat ini, Jei pun tidak pernah tahu sebab yang pasti dirinya terserang BB. Namun, selain karena masalah aktifitasnya yang bertambah banyak, sehingga banyak menghasilkan kelenjar keringat aktif.

Selain itu, kecurigaanya juga tertuju pada pakaian yang digunakannya, misal merasa salah bahan seperti saat memakai bahan rajutan atau bahan yang terlalu tebal.

”Walaupun tidak setiap keringatan, saya merasa bau, tetapi tetap saja risih jika harus berhadapan dengan orang terutama saat harus presentasi. Maka tidak heran jika saya sedang presentasi, saya terkadang membawa baju ganti untuk ke kantor. Pernah saya tiga kali presentasi dalam satu hari, maka tiga kali juga saya harus ganti baju saat itu,” ungkapnya.

Dirinya pun mengaku, untuk menghilangkan bau, dia tidak berniat pergi ke dokter kulit karena merasa akan hilang dengan sendirinya. Akhirnya, untuk menghilangkan rasa bau pada badannya, Jei menggunakan deodoran, karena awalnya Jei hanya menggunakan bedak tabur untuk bayi di bagian ketiaknya.

”Karena awalnya saya baik-baik saja tanpa ada masalah bau badan, saya sejak kecil menggunakan bedak tabur untuk menghindari lengket di ketiak, tetapi karena bau semakin mengganggu, maka saya mengikuti saran teman saya untuk menggunakan deodoran, dan sedikit demi sedikit hilang walaupun belum total,” ujarnya.

Saat berkeringat, terkadang membuat diri menjadi tidak nyaman bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri, sehingga menjadi masalah apabila saat harus tampil di depan orang banyak.

Dikatakan oleh ahli kulit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Hanny Nilasari, SpKK bahwa sesungguhnya problematika kulit dan keringat, terutama keringat di sekitar ketiak merupakan masalah yang tidak dapat disepelekan. Kebersihan kulit di sekitar ketiak haruslah dijaga dengan baik dan seksama.

“Karena jika tidak, maka dikhawatirkan dapat mengganggu, baik mengganggu kesehatan maupun kepercayaan diri seseorang akibat timbulnya bau badan di sekitar ketiak,” tutur staf bagian kulit dan kelamin FKUI-RSCM ini.

Saat seseorang ingin tampil percaya diri,maka yang diperlukan adalah tampilan luar dan dalam. Dan kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang menentukkan baik tidaknya tampilan luar dalam, semisal pada tampilan luar.

Seseorang yang memiliki kulit kusam, maka itu berarti perawatan dari dalam tubuhnya kurang maksimal sehingga akan mempengaruhi kepercayaan dirinya. Lapisan kulit merupakan bagian luar tubuh yang memiliki banyak fungsi penting dan merupakan tempat di mana keringat diproduksi.

Kelenjar keringat ini memiliki dua macam, pertama sebagai penghasil cairan keringat, dengan ukuran kelenjar kecil-kecil dan kelenjar penghasil bau keringat atau apokrin.

Kelenjar dengan ukuran kecil ini, atau ekrin, terletak pada seluruh badan, terutama telapak tangan, kaki, dahi dan ketiak. Adapaun kelenjar ini dikeluarkan karena dipengaruhi oleh saraf kolinergik, faktor panas dan stres emosional. Sedangkan kelenjar apokrin umumnya timbul pada saat seseorang pubertas. Kelenjar ini terletak pada aksila, areola mamae, pubis, labia minora dan saluran telinga luar.

“Keringat merupakan respon normal untuk keseimbangan temperatur tubuh, faktor timbulnya keringat bisa disebabkan karena suhu atau iklim yang panas dan aktivitas fisik,” terang Hanny. Hanny menjelaskan, bahwa manusia mempunyai 2-4 juta kelenjar. Adanya penguapan pada suhu normal menghasilkan jumlah keringat 2-20 nanoliter/menit/kelenjar.

Dan bila suhu di luar tubuh sangat tinggi, maka akan terjadi pelebaran pembuluh darah pada banyak lokasi. ”Inilah yang menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih yang bisa menyebabkan bau badan dan masalah percaya diri pun timbul,” tuturnya dalam acara temu media bertema ”Atasi Masalah Percaya Diri Dengan Rexona”yang diadakan oleh Rexona, di Resto Pastis, Kuningan beberapa waktu lalu.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya agar segera memeriksakan ke dokter apabila keringat sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena nanti, dokter akan meneliti apakah terdapat penyakit penyerta dari adanya keringat berlebih.

“Jagalah kebersihan diri, selalu mandi minimal 2 kali dalam satu hari, dan gunakan deodoran atau anti prespirant bila perlu,” saran Hanny.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s