Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

5 Kesalahan Umum Dilakukan Orangtua Januari 26, 2010

Filed under: Kumbang News — kumbang99 @ 11:46 am

SEMUA orangtua tentu ingin melakukan segala hal dengan benar untuk buah hati tercinta. Sehingga, lumrah jika rasa takut untuk berbuat kesalahan sering dialami orangtua. Namun, ada baiknya Anda membantu mengatasinya agar ketakutan itu tak berlanjut menjadi fobia.

Merasa cemas dalam situasi tertentu merupakan kondisi yang sangat tidak nyaman. Namun, ketakutan sebenarnya merupakan suatu keadaan alami yang membantu individu melindungi apa yang dikhawatirkan dari bahaya, sekaligus memberi pengalaman baru. Bahkan, pada pasangan suami istri (pasutri) yang baru memiliki momongan, perasaan seperti ini tidak hanya normal, tetapi juga sangat dibutuhkan.

Merasakan dan mengatasi rasa cemas dapat membantu Anda dan pasangan mempersiapkan diri untuk menghadapi pengalaman-pengalaman yang membingungkan dan situasi yang menantang dalam hidup.

Memiliki ketakutan dan kecemasan terhadap hal-hal tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berdua untuk dapat lebih bijak ketika akan melakukan sesuatu. Apalagi untuk urusan merawat sang buah hati.

Agar bisa mengetahui beberapa daftar kesalahan yang umum dilakukan orangtua baru, Sheknows memaparkannya untuk Anda.

Kekhawatiran berlebih

Anda panik setiap kali bayi muntah. Anda menghitung gerakan usus bayi dan khawatir bahwa Anda terlalu banyak atau terlalu sedikit memberikan ASI. Anda mencoba untuk menyusui bayi Anda selama sepuluh menit di setiap sisi, tetapi dia jatuh tertidur setelah hanya tujuh menit.

Semua ini tidak masuk akal, sebab rasa khawatir berlebih dapat mengganggu kemampuan Anda untuk merawat si bayi. Cobalah untuk rileks dan tidak bereaksi berlebihan terhadap segala sesuatu yang terjadi pada bayi Anda.

Membangunkan bayi untuk menyusui

Banyak ibu percaya bahwa menyusui bayi mereka harus lebih banyak dibandingkan dengan pemberian susu formula. Karena itu, banyak para ibu yang membangunkan bayi mereka ketika tengah asyik terlelap, lalu mencoba untuk memberi makan bayinya.

Padahal yang benar adalah menyusui bayi dapat membuat Anda berdua untuk tidur dengan waktu yang cukup. Bahkan di malam hari. Jangan korbankan bayi Anda untuk beristirahat atau Anda sendiri untuk mengikuti dengan kesalahpahaman ini. Jika dia lapar sepanjang malam, dia akan memberitahu Anda.

Memastikan bayi tidak menangis

Menangis adalah apa yang bayi lakukan, bahkan ketika mereka mengalami perubahan, atau pada saat mereka makan dan istirahat. Selama Anda yakin dia tidak sakit, tidak apa-apa untuk membiarkan dia menangis untuk sementara waktu. Jika bayi menangis untuk waktu yang lama, maka konsultasikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah dia mengalami sesuatu.

Tidak membaca instruksi untuk kursi mobil

Menginstal dengan benar kursi mobil jauh lebih penting daripada yang Anda pikirkan. Sebelum waktunya membawa bayi berpergian, Anda harus pastikan memasang car seat dengan benar.

Melupakan perkawinan Anda

Terlepas dari semua energi Anda yang terfokus pada bayi baru adalah penting untuk tetap mengasihi satu sama lain dengan pasangan. Mendukung satu sama lain adalah cara terbaik pasutri untuk melewati periode penyesuaian ini. Dan saling mencintai, adalah salah satu hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada buah hati tercinta.

 

2 Responses to “5 Kesalahan Umum Dilakukan Orangtua”

  1. alexmsi Says:

    g juga tuch. . .

  2. tary si kuman Says:

    nice info, bisa jadi masukan nih jika berkeluarga nanti.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s