Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Keranjingan Ngegame Bisa Picu Kelainan Tulang Januari 26, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 10:21 am

Anak-anak seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngegame atau nonton TV. Menurut para ahli, perilaku tersebut bisa menyebabkan penyakit rakhitis.

Dulu umumnya rakhitis disebabkan oleh faktor kemiskinan dan kekurangan gizi di negara berkembang. Anak-anak yang mengalami rakhitis, kakinya tidak akan tumbuh dengan baik tapi justru mengembang seperti bentuk busur.

Nah, saat ini anak-anak yang keranjingan duduk ngegame di depan komputer atau televisi juga rentan terkena penyakit ini. Karena duduk dalam waktu lama membuat pergerakan kaki terbatas, padahal di usia ini anak-anak harus banyak melakukan aktivitas fisik karena tulang-tulangnya sedang berkembang.

Penyakit rakhitis disebabkan oleh kekurangan vitamin D kronis yang dipicu oleh jarangnya terpapar sinar matahari pagi dan pola makan yang buruk. Anak-anak yang keranjingan ngegame dan nonton TV, jarang terkena sinar matahari. Padahal vitamin D diproduksi alami oleh kulit saat terkena sinar matahari meskipun juga dapat ditemukan dalam minyak ikan, hati dan kuning telur.

“Saat ini anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dan bermain dengan komputer serta melupakan menikmati udara segar di luar. Ini berarti kadar vitamin D yang diterima anak-anak ini lebih buruk dari tahun-tahun sebelumya,” ujar Prof Simon Pearce dan Dr Cheetham dari Newcastle University seperti dikutip dari Timesonline, Selasa (26/1/2010).

Profesor Simon Pearce dan Dr Cheetham melaporkan dalam British Medical Journal bahwa susu dan produk makanan lain juga harus dipenuhi untuk melengkapi pemenuhan kebutuhan vitamin D agar tidak terjadi masalah.

Dr Cheatham, dosen pediatrik dan endokrinologi menuturkan selain kurang terkena sinar matahari, anak-anak juga sudah jarang mengkonsumsi vitamin minyak ikan cod. Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker dan melemahnya tulang pada orang dewasa.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s