Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Keranjingan Ngegame Bisa Picu Kelainan Tulang Januari 26, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 10:21 am

Anak-anak seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngegame atau nonton TV. Menurut para ahli, perilaku tersebut bisa menyebabkan penyakit rakhitis.

Dulu umumnya rakhitis disebabkan oleh faktor kemiskinan dan kekurangan gizi di negara berkembang. Anak-anak yang mengalami rakhitis, kakinya tidak akan tumbuh dengan baik tapi justru mengembang seperti bentuk busur.

Nah, saat ini anak-anak yang keranjingan duduk ngegame di depan komputer atau televisi juga rentan terkena penyakit ini. Karena duduk dalam waktu lama membuat pergerakan kaki terbatas, padahal di usia ini anak-anak harus banyak melakukan aktivitas fisik karena tulang-tulangnya sedang berkembang.

Penyakit rakhitis disebabkan oleh kekurangan vitamin D kronis yang dipicu oleh jarangnya terpapar sinar matahari pagi dan pola makan yang buruk. Anak-anak yang keranjingan ngegame dan nonton TV, jarang terkena sinar matahari. Padahal vitamin D diproduksi alami oleh kulit saat terkena sinar matahari meskipun juga dapat ditemukan dalam minyak ikan, hati dan kuning telur.

“Saat ini anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dan bermain dengan komputer serta melupakan menikmati udara segar di luar. Ini berarti kadar vitamin D yang diterima anak-anak ini lebih buruk dari tahun-tahun sebelumya,” ujar Prof Simon Pearce dan Dr Cheetham dari Newcastle University seperti dikutip dari Timesonline, Selasa (26/1/2010).

Profesor Simon Pearce dan Dr Cheetham melaporkan dalam British Medical Journal bahwa susu dan produk makanan lain juga harus dipenuhi untuk melengkapi pemenuhan kebutuhan vitamin D agar tidak terjadi masalah.

Dr Cheatham, dosen pediatrik dan endokrinologi menuturkan selain kurang terkena sinar matahari, anak-anak juga sudah jarang mengkonsumsi vitamin minyak ikan cod. Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker dan melemahnya tulang pada orang dewasa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s