Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Cara Instan (dan Gratis) untuk Cantik Januari 29, 2010

Filed under: Kumbang Tips & Trik — kumbang99 @ 6:12 pm

Merasa cantik tak perlu selalu berarti mengeluarkan banyak uang untuk berbelanja barang-barang berkualitas yang mahal. Anda hanya perlu mengubah sedikit cara pandang dan sikap. Begini rahasianya:

Berdiri dan Duduk  Tegak
Kelly McGonigal, PhD, psikolog kesehatan di Universitas Stanford mengatakan, bahwa otak kita selalu memeriksa dengan segala sistem tubuh kita yang lain untuk mengetahui perasaan kita. Ketika postur tubuh Anda sedang tegak, maka pesan yang diterima adalah; saya merasa baik. European Journal of Social Psychology mempublikasikan bahwa responden yang duduk dengan tegak di kursi, memiliki rasa kepercayaan diri yang lebih tinggi. Menegakkan punggung dan dada juga bisa membuat Anda tampil lebih tinggi, langsing, dan berseri-seri.

Menjadi Pemerhati, Bukan Hakim
Jangan mengkritik dan menilai buruk wajah yang Anda lihat di cermin. Jika Anda memiliki bekas luka, Anda bisa memilih untuk melihatnya sebagai sebuah kekurangan atau sebagai pengingat bahwa hal tersebut merupakan pengingat bahwa Anda pernah terluka. Pandang atribut tubuh Anda sebagaimana Anda memandang seorang anak atau teman terkasih, dengan apresiasi dan penerimaan, bukan dengan kritikan.

Kekaguman
Studi menunjukkan, bahwa orang yang tidak puas dengan penampilannya sendiri, seringkali terlalu berfokus pada kekurangan pada tubuh mereka ketika menatap cermin. Alihkan pandangan Anda ke fitur tubuh yang Anda sukai. Ketika arah pandangan Anda dipusatkan pada hal yang membuat Anda senang, maka sistem pengendalian emosi di otak Anda teraktivasi, sehingga meningkatkan mood Anda.

Memasang Wajah Ceria
Kita semua memandang wajah penuh senyum lebih atraktif ketimbang yang tidak tersenyum, terang Paul Ekman, PhD, profesor psikologi di  University of California San Francisco School of Medicine. Senyuman tak hanya menarik otot di sekitar mata dan bibir, yang tentunya memberi tampilan lebih muda, tapi juga memicu efek rasa senang. Artinya, otak Anda mendapatkan dorongan instan dari kontraksi otot, dan dorongan tersebut tetap terjaga saat orang lain membalas senyum Anda.

Mengambil Napas Dalam
Napas pendek akan membuat tekanan dan ketegangan pada wajah, tenggorokan, bahkan pundak. Di lain pihak, ketika Anda mengambil napas mendalam, perlahan, maka Anda akan terlihat lebih tenang dan relaks. Jadi, tenangkan diri Anda dan ambillah napas mendalam dan panjang.

Berterima kasih
Ketika Anda memuji pakaian seorang anak kecil, ia tak akan merespon dengan berkata, “Aduh, padahal rasanya ketat di pinggang.” Kemungkinan terbesar, ia akan berkata, “Terima kasih! Lihat sepatuku, bagus ya? Oh, mamaku yang kepang rambutku”. Intinya, berhentilah menghindari pujian terhadap penampilan Anda. Cukup katakan, “Terima kasih” ketika ada pujian yang dikirimkan kepada Anda. Anda dan orang yang memuji tersebut akan merasa lebih baik mengenai timbal baliknya, sekaligus menciptakan hubungan positif di antara Anda dan dirinya.

Pengaruh Warna
Hanya dengan mengenakan satu pernik berwarna mencolok, entah itu kalung besar atau scarf yang warnanya terang bisa membuat wajah Anda tampil lebih berseri dan meningkatkan mood Anda. Ketika Anda ragu mau memasangkan warna terang apa pada pakaian Anda yang kebanyakan warnanya adalah hitam dan keabuan? Coba warna biru. Warna ini secara universal dinilai sebagai warna yang “bahagia” dan merupakan salah satu warna yang cocok untuk semua orang. Jika kulit Anda memiliki karakter hangat (kulitnya cenderung berwarna kuning-jingga ketika didekatkan ke lembar kertas putih), pilih biru tua. Jika kompleksi Anda cenderung dingin (cenderung memiliki rona merah muda), coba pilih biru pucat atau aqua.

Lebih Santai
Imej tubuh bisa sangat terpengaruh oleh angka timbangan atau pantulan di kaca, namun bisa pula terpengaruh oleh sensasi yang dirasa tubuh, misalnya, ketidaknyamanan pakaian. Ketika Anda mengenakan pakaian yang kekecilan, maka rasa kesempitan akan mengirimkan sinyal kepada otak bahwa Anda kurang kurus. Akan lebih baik dan Anda pun merasa lebih cantik ketika mengenakan pakaian yang nyaman dan pas di tubuh, sesuai ukuran tubuh Anda.

Pilih-pilih Teman
Memang, kedengarannya tidak baik, tapi, sebuah riset baru-baru ini menemukan, bahwa jaringan sosial kita bisa memberikan efek sangat erat terhadap sikap dan perilaku, termasuk masalah bagaimana kita menilai penampilan. Sulit untuk bisa merasa baik akan penampilan kita ketika orang-orang di sekeliling kita mengkritik penampilannya sendiri. Perbanyak habiskan waktu bersama orang-orang yang merasa percaya diri akan tubuh mereka, dan Anda pun akan merasa ikut percaya diri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s