Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Tertawalah dan Seluruh Dunia Akan Mengerti Februari 1, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 9:40 am

Walaupun di setiap budaya memiliki cara berbeda untuk mengekspresikan beberapa emosi dasar, seperti kegembiraan, marah, takut, dan rasa sedih, secara universal ekspresi emosi manusia relatif mudah dikenali.

Secara khusus, sejumlah peneliti menyelidiki apakah suara yang terkait dengan emosi dasar punya persamaan pada budaya yang berbeda. Untuk mengujinya, orang di Inggris dan wilayah utara Namibia diceritakan sebuah cerita berdasarkan emosi tertentu yang memiliki perbedaan suara, seperti tertawa atau menangis. Kelompok orang dari Inggris diminta mendengar suara orang Namibia, demikian pula sebaliknya. Kemudian mereka diminta menyebutkan jenis suara emosi tersebut.

“Responden dari dua kelompok itu langsung mengenali emosi dasar, seperti marah, takut, jijik, gembira, sedih, dan terkejut. Ini menunjukkan bahwa ekspresi emosi dan cara vokalisasinya serupa meski memiliki budaya berbeda,” kata Sophie Scott dari University College, London.

Suara tawa merupakan ekspresi yang paling mudah dikenali oleh dua kelompok responden sebagai bentuk kegembiraan atau akibat dikelitik. “Dikelitik akan membuat semua tertawa, tidak hanya pada manusia, tetapi juga primata dan mamalia. Ini menunjukkan bahwa tertawa memiliki evolusi yang panjang. Mungkin awalnya adalah bentuk komunikasi yang akrab antara ibu dan bayinya. Karena itu, tertawa mudah dikenali sebagai ekspresi kegembiraan dan permainan fisik,” kata Disa Sauter, salah seorang tim peneliti.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s