Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Menebak Kepribadian lewat Penampilan Februari 2, 2010

Filed under: Kumbang Tips & Trik — kumbang99 @ 10:16 am

Orangtua mengajarkan kita agar jangan menilai seseorang berdasarkan penampilannya saja, apalagi kalau baru pertama bertemu. Tetapi studi terbaru secara mengejutkan menunjukkan justru kesan pertama sering kali benar.

Lebih dari 100 mahasiswa University of Texas ikut terlibat dalam penelitian mengenai penilaian kepribadian berdasarkan penampilan. Para mahasiswa ini bertindak sebagai subjek atau sebagai juri penilai. Sebagai juri, mereka diminta menilai kepribadian seseorang dari selembar foto.

Begini cara penelitian dilakukan. Pertama para responden diminta berpose dengan kaku; menatap ke kamera, tidak tersenyum, kaki dirapatkan dan tangan di sisi tubuh. Setelah itu mereka diminta berpose lagi, kali ini secara natural dan spontan. Kemudian para responden ini diminta mengisi kuisioner mengenai kepribadian mereka. Para rekan mereka juga diminta menyebutkan sifat kepribadian para responden.

Setelah itu para juri mengevaluasi kepribadian para subyek yang difoto. Ternyata saat melihat foto pertama, para juri ini bisa menilai secara akurat karakter para subyek foto, yakni extrovert, percaya diri atau orang yang religius. Kemudian saat melihat foto dengan pose natural, mayoritas juri menilai dengan tepat kepribadian para subyek.

“Sejak lama orang sering membuat penilaian berdasarkan informasi yang minim. Namun dari hasil penelitian ini bisa kita katakan bahwa kesan pertama memang memancarkan karakter seseorang, bahkan hanya dengan melihat fotonya saja,” kata Sam Gosling, peneliti dari University of Texas.

Gosling menambahkan, orang yang berkepribadian extrovert atau terbuka cenderung lebih banyak tersenyum, berdiri dengan energik, terlihat sehat, rapi dan bergaya. Gosling menyimpulkan, kepribadian kita mungkin bisa terbaca dari penampilan dan ekpresi. Kalau begitu, mungkin kita boleh menilai buku dari sampulnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s