Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Waspadai Gejala Depresi Februari 3, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 2:05 pm

Banyak penderita depresi kurang mendapat pengobatan karena pasien umumnya kurang mengenali gejala depresi. Padahal, depresi tidak hanya berpengaruh pada kondisi kejiwaan seseorang tapi juga bisa menimbulkan keluhan fisik. Bahkan pada pria keluhan depresi yang dibiarkan bisa memengaruhi kemampuan ereksinya.

Pada sebagian orang, gejala depresi hanya dikenali sebagai munculnya sifat moody. Padahal, bila diteliti depresi selalu memiliki sinyal-sinyal meski terkadang timbul tenggelam. Ada baiknya Anda mengenali rambu-rambu ketika stres sudah masuk pada zona yang patut diwaspadai.

Pertama, gejala psikologis seperti mudah tersinggung, merasa diri tak berharga, pesimistis. Orang yang depresi juga seringkali mengalami gejala fisik berupa sakit kepala, kelelahan, nafsu makan hilang atau berlebih, mual, keluhan lambung, diare.

Sementara itu gejala perilaku yang perlu diwaspadai adalah  kehilangan minat, pemurung, sulit konsentrasi. gelisah, gampang terganggu, merasa tidak berdaya, serta mulai menarik diri dari aktivitas sehari-hari.

Beragam Faktor Penyebab Depresi

Pakar kesehatan sejak lama telah memahami bahwa dalam banyak kasus, depresi tidak berdiri sendiri. Seringkali depresi merupakan hasil dari faktor biologi, psikologi, hidup penuh stres dan bayang-bayang trauma.

Apa saja penyebab depresi?

– Biologi
Para peneliti hingga kini masih mencari tahu apa penyebab depresi. Sejumlah pakar mengatakan depresi terjadi karena ketidakseimbangan zat kimia di otak yang disebut neurotransmiter. Obat antidepresan biasanya bekerja untuk menyeimbangkan neurotransmiter ini.

Sebagian pakar berpendapat depresi pada seseorang dipengaruhi faktor genetik. Bila ada riwayat anggota keluarga, maka faktor risikonya menjadi besar. Faktor lain yang ikut berperan adalah kondisi kesehatan. Penelitian menunjukkan orang yang memiliki riwayat serangan jantung memiliki risiko 65 persen mengalami depresi.

Faktor lain yang tak bisa diubah adalah gender. Perempuan dua kali lebih besar untuk mengalami depresi. Perubahan hormon yang terjadi dalam siklus hidup perempuan (haid, hamil, melahirkan dan menopause) disebutkan ikut berpengaruh.

– Psikologi
Penelitian menunjukkan orang yang memiliki karakter pesimis lebih berpeluang besar mengalami depresi.

– Hidup yang stres
Orang yang depresi pada umumnya pernah melawati masa-masa sulit. Kehilangan keluarga yang meninggal, divonis menderita penyakit serius, bercerai, dan pengalaman lain yang menimbulkan trauma bisa memicu depresi.

– Obat-obatan
Berbagai jenis obat-obatan resep bisa menimbulkan gejala depresi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s