Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Pendekatan Orangtua Kunci Sembuhkan Depresi Anak Februari 4, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 12:16 pm

Masalah depresi pada anak bukanlah masalah yang tidak dapat diatasi. Pendekatan orangtua terhadap anak adalah cara ampuh untuk mengurangi depresi pada anak. Oleh karena itu, Anda harus lebih banyak meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhan-keluhan sang anak.

Pendekatan pada anak juga bisa dilakukan dengan cara menemani anak melakukan kegiatan yang disukainya, misalnya mengajak anak berjalan jalan, berenang, atau pergi ke tempat yang mereka senangi.

Yang penting ciptakan suasana santai sehingga Anda bisa leluasa mendengarkan keluhan-keluhan sang anak. Dengan begitu, Anda pun akan tahu apa yang menyebabkan mereka berubah.

Selain pendekatan orangtua pada anak, pengobatan pada anak yang mengalami depresi juga perlu dilakukan dengan menggandeng pihak lain, antara lain psikiater dan pihak sekolah atau guru. Pengobatan ini sering disebut sebagai psikoterapi atau terapi holistik. “Psikoterapi yang banyak dilakukan adalah berupa CBT (cognitive-behavioral therapy),” ujar Chatarina W Moeljadi, psikolog Sanggar Kreativitas Bobo.

Psikolog Inna Mutmainnah menambahkan, selain keterlibatan berbagai pihak, peran keluarga dan lingkungan sangat penting dalam keberhasilan penanganan depresi pada anak.

Inna mengatakan, langkah penanganan depresi pada anak harus dimulai dengan mengatasi pencetusnya. “Misalnya anak depresi karena masalah dengan orangtua, maka yang harus diperbaiki adalah pola komunikasi antara anak dan orangtua,” ungkapnya.

Jadi, yang diterapi tidak saja si anak, tetapi bisa jadi juga orangtuanya. Selain terapi secara psikologis, anak depresi juga bisa diberikan terapi dengan obat atau yang dikenal dengan terapi farmakologis.

Dokter spesialis Anak dari Rumah Sakit Cikarang Hospital, Naomi Esthernita, mengatakan, terapi obat ini hanya digunakan sebagai penunjang psikoterapi. “Itu pun kalau dibutuhkan,” ujar Naomi.

Ada beberapa obat antidepresan yang bisa diberikan pada anak penderita depresi. Di antaranya adalah fluoksetin dan sertralin yang bekerja spesifik untuk menghambat ambilan serotinin. Serotinin adalah zat di dalam otak yang bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks.

Obat litium karbonat juga bisa digunakan untuk pengobatan anak dan remaja yang mengalami depresi. “Tapi, terapi obat tidak banyak berpengaruh tanpa ada terapi psikologi,” kata Inna.

Bagi para orangtua, sebaiknya jangan pernah menganggap remeh depresi pada anak sebab kalau dibiarkan selama 7 sampai 12 bulan, sewaktu-waktu penyakit ini berpotensi kambuh lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s