Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Kamu Kok Berubah?! Februari 5, 2010

Filed under: Kumbang oase — kumbang99 @ 10:46 am

Kawan, mungkin kalian pernah ditegur oleh teman lama dengan pernyataan seperti ini, “Kamu kok berubah sih? Kamu bukan lagi … yang dulu.” Terkadang kita susah mau menjawabnya.

Perjumpaan dengan pribadi-pribadi yang mengagumkan, membaca pemikiran orang-orang yang mengubah peradaban, pastilah membersitkan dalam hati niat untuk berbuat sesuatu yang lebih baik. Siapa sih yang tidak ingin menjadi lebih baik? Setiap dari kita pasti menginginkannya.

Seiring perjalanan waktu, tubuh kita pun berubah. Sesuatu yang tidak bisa kita sangkal. Rambut mulai berwarna kelabu, atau mulai rontok satu persatu. Keriput di wajah mulai bertambah setiap berganti tahun. Penglihatan dan pendengaran sudah tidak setajam dulu. Itu hal yang wajar dan sangat dimaklumi adanya.

Bersama bertambahnya usia, mestinya pemikiran kita, sikap, tata bicara kita juga berubah. Menjadi tua itu biasa, menjadi bijak itu pilihan, kata sebuah iklan, dan mestinya (sekali lagi) seiring bertambahnya usia bertambah pula kebijaksanaan kita. Tutur kata menjadi lebih lembut dan menyejukkan, sikap juga lebih meneduhkan.

Tetapi memang tidak bisa dihindarkan, terkadang kita diterba badai kehidupan yang membuat hati kita remuk atau membeku. Di sana, senyum menjadi sesuatu yang berat. Kita berubah, tetapi menjadi kelihatan buruk, kelihatan menakutkan. Tutur kata menajdi ketus, dan pemikiran dikuasai pesimis dan kecurigaan. Jika itu terjadi, dibutuhkan banyak tenaga, mungkin perlu teman juga, untuk bergeser-berubah menjadi lebih baik.

Kawan, kalau hari ini aku ditanya, “kamu kok berubah?” aku memiliki jawabnya. Karena aku hidup, dan aku ingin menjadi lebih baik. Syukur kalau aku berubah menjadi lebih baik, dan tolong beri masukan jika ternyata aku berubah lebih buruk, agar bisa memperbaiki diri. Tentu kita tidak ingin hidup tetapi mati.

Semoga hari ini kawan semua diberi hari yang menyenangkan, hingga bisa menjadi lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s