Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Ternyata Ular Kuno Bisa Melahap Buaya Februari 5, 2010

Filed under: Kumbang Purba — kumbang99 @ 7:50 pm

Ular boa super besar disebut Titanoboa pernah hidup jutaan tahun lalu. Ular berukuran hingga 14 meter itu sangat senang makan termasuk buaya juga reptil kuno lainnya.

Ilmuwan menemukan fosil buaya kuno berumur 60 juta tahun di utara Kolombia Amerika Selatan yang resmi menjadi spesies baru.

Situs tempat ditemukannya kerangka tersebut adalah tambang batubara terbesar di dunia yang ternyata juga mengandung tulang-tulang raksasa yakni seekor Titanoboa, ular raksasa yang panjangnya bisa mencapai hingga 14 meter.

Crocodyliforms adalah reptil yang telah punah dan menjadi penghubung antara buaya bermulut panjang dan yang memiliki moncong lebar.

“Kami sedang memulai mengeluarkan sisa-sisa kehidupan hewan yang pernah ada di sini,” ujar Alex Hastings dari Museum Sejarah Nasional Florida.

Tulang dan spesimen lainnya yang digunakan dalam studi menunjukkan penemuan spesies terbaru yang dinamakan Cerrejonisuchus Improcerus yang dapat tumbuh hingga 6 sampai 7 kaki (sekitar 2 meter) membuatnya sangat mudah untuk dimangsa Titanoboa.

“Sangat jelas fosil tersebut adalah bagian dari rantai makanan, keduanya sebagai pemangsa dan korban,” ujar Ahli Paleontologi Museum Florida Jonathan Bloch.

“Ular raksasa pada saat itu diketahui memakan crocodylians dan tidak sedikit yang mengatakan bahwa Cerrejonisuchus Improcerus juga menjadi santapan sehari-hari Titanoboa. Fosil keduanya seringkali ditemukan berdampingan satu sama lain,” tambah Bloch.

Pada zaman ini pun Anaconda didokumentasikan seringkali memangsa Caiman yakni reptil yang berada dalam satu keluarga yang sama dengan buaya berparuh panjang di Amazon.

Penemuan spesies terbaru buaya ini adalah yang terkecil dalam ranah Dyrosauride, sebuah bentuk keluarga buaya.

Dyrosaurids dapat tumbuh hingga 18 kaki dan memiliki kebiasaan memakan ikan. Kontras dengan keadaan spesies buaya yang ada saat ini yang memangsa katak, kadal, ular kecil bahkan mamalia selain ikan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s