Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Ilmuwan Temukan Baterai Plastik Revolusioner Februari 7, 2010

Filed under: Kumbang IPTEK — kumbang99 @ 10:17 pm

London – Ilmuwan Inggris mengatakan mereka menciptakan plastik yang dapat menyimpan dan melepaskan listrik. Temuan itu merevolusi cara menggunakan ponsel, mengendarai mobil bahkan mengenakan pakaian.

Penemuan itu juga berarti ponsel dan iPod dapat berukuran setipis kartu kredit. Teknologi juga bisa menghasilkan layar komputer fleksibel yang dapat dilipat dan dibawa-bawa seperti sepotong kertas.

Dan bahkan bisa digunakan untuk membuat pakaian listrik yang bisa terisi saat seseorang bergerak dan mengeluarkan panas ketika cuaca dingin.

Dr Emile Greenhalgh, dari Imperial College London’s Department of Aeronautics, mengatakan materi itu bukan benar-benar baterai, tetapi supercapacitor, serupa dengan yang ditemukan dalam sirkuit listrik kebanyakan.

Prototipe timnya yang berukuran sekitar lima inci persegi dan setipis wafer dan memakan waktu lima detik untuk men-charge dari power supply normal serta dapat menyalakan lampu LED selama 20 menit.

Dr Greenhalgh, yang bekerja sama dengan perusahaan mobil Volvo dalam proyek tiga tahun senilai 3 juta poundsterling akan menggunakan materi itu di mobil hibrida bensin-listrik.

Ia mengatakan “Kami berpikir mobil masa depan akan mendapat kekuatan dari atap atau bahkan pintu, berkat materi kita”.

“Aplikasi untuk material ini tidak berhenti di sana. Anda mungkin memiliki ponsel yang setipis kartu kredit karena tidak lagi membutuhkan baterai yang besar, atau sebuah laptop yang dapat menarik energi dari casing sehingga dapat berjalan lebih lama”.

Para ilmuwan berencana menggunakannya untuk mengganti lantai logam mobil Volvo yang memegang roda cadangan.

Ini berarti Volvo bisa mengecilkan ukuran baterai hibrida dan menurunkan berat mobil, menjadikannya lebih efisien.

Dr Greenhalgh mengatakan: “Tidak seorang pun telah menciptakan materi seperti ini dalam sepuluh tahun, itu bisa menggantikan baterai.”

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s