Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Ungkapkan Cinta untuk Pasangan Anda Februari 14, 2010

Filed under: Kumbang Tips & Trik — kumbang99 @ 10:38 am

Tak sedikit orang yang begitu sulit mengekspresikan perasaannya. Termasuk kepada pasangan. Meskipun sudah bersama sekian tahun, tapi mereka begitu sulit mengungkapkan cinta.

Kompas Female pernah menuliskan ada perbedaan mendasar antara jatuh cinta dan mencintai seseorang. Jatuh cinta sifatnya hanya sesaat. Sedangkan mencintai adalah tahap lebih lanjut, setelah kita betul-betul mengenalnya, dan menerima segala kelebihan dan kekurangannya.

Kapan pun Anda mengalami jatuh cinta dan mencintai, pastinya cinta bertumbuh melalui proses. Selama berproses tak ada salahnya Anda melatih kemampuan mengungkapkan cinta sebagai bentuk perhatian kepada pasangan.

Jangan buat pasangan Anda lama menunggu, karena menurut Ratih Ibrahim, psikolog dari Personal Growth, setiap pasangan harus belajar take and give. Jangan sampai Anda berperan sebagai taker terus-menerus, dan tak pernah sekalipun menjadi giver.

Coba saja katakan kata-kata berikut, dan jadikan diri Anda sebagai seorang pemberi kasih sayang dan tak sekadar menerima:

Aku minta maaf
Mengucap maaf bukan perkara mudah, apalagi ketika ego mendominasi diri. Segera katakan maaf setelah adu argumen yang melelahkan. Ini pertanda Anda bertanggungjawab atas terjadinya suasana yang tidak menyenangkan. Sekaligus juga menjadi bukti bahwa Anda mau berbuat sesuatu yang bisa membuat pasangan merasa lebih baik. Dengan cara ini, Anda sedang bertumbuh menjadi seseorang yang punya rasa kasih sayang kepada pasangan.

Aku membutuhkanmu
Hubungan yang berumur panjang dan berjalan harmonis hanya akan terwujud  dengan percikan kecil yang manis setiap harinya. Begitupun sebaliknya, hubungan menjadi buruk hanya dengan umpatan kecil yang berulang setiap hari. Pastikan pasangan tahu bahwa dia begitu berarti untuk Anda dengan mengatakan “Aku membutuhkan kamu”. Ini sebagai pengingat, bahwa meski hubungan mulai beranjak matang dan tak lagi berbinar-binar seperti masa pacaran, dia tahu bahwa Anda tak bisa hidup tanpanya.

Penampilanmu istimewa
Siapapun butuh orang lain untuk membangun kepercayaan diri. Pastikan pasangan Anda tahu bahwa Anda masih tertarik dengan caranya berpenampilan. Apalagi ketika pasangan sengaja tampil gaya dengan busana terbaiknya untuk Anda. Tunjukkan Anda menghargai usahanya dengan katakan langsung pujian Anda kepadanya.

Kamu benar
Ketika berargumen, debat atau berdiskusi, Anda seringkali terjebak dengan selalu menganggap opini Anda lah yang paling penting. Tunjukkan kedewasaan Anda dengan menerima kekalahan dan katakan langsung, “Kamu benar”. Ini cara yang paling mudah dan ringkas untuk mengakhiri perdebatan, sekaligus membuat dia menjadi tak lagi bisa berkata-kata.

Aku merindukanmu
Pekerjaan atau aktivitas lain di rumah maupun di pergaulan bisa membuat Anda terpisah dari pasangan. Ikatan emosional bisa terkikis perlahan. Dengan mengatakan langsung bahwa Anda merindukannya, saat kesibukan menguras waktu, menunjukkan Anda tetap dekat dengannya. Bahkan hanya dengan mengirim SMS, perhatian Anda bernilai luar biasa.

Ayo, cerita, aku mau dengar
Pasangan Anda bisa saja mengalami hari yang buruk. Tunjukkan dengan sikap dan ucapan Anda bahwa Anda siap mendengarkan ceritanya. Posisikan diri Anda sebagai pasangan yang dengan perhatian mendengarkan kemarahan, harapan, dan kekhawatirannya. Kemampuan mendengar adalah hal yang paling diinginkan pasangan. Berikan juga respons simpatik dan ajukan juga pertanyaan. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda mencintainya dan selalu ada untuknya.

Hey, kamu adalah sahabat terbaikku
Jika masih saja sulit mengungkapkan perasaan, tunjukkan kepada pasangan, katakan bahwa Anda adalah teman terbaiknya, tempat curhatnya, teman untuk senang-senang, atau apapun yang siap menemani Anda. Katakan semuanya, tak cukup hanya dengan menunjukkannya.

Terima kasih
Meski sudah lama berpasangan tak berarti si dia tak butuh ucapan terima kasih. Tunjukkan dan katakan apresiasi Anda terhadap usahanya.

Apa yang bisa aku bantu
Usahakan Anda sering bertanya apa yang Anda bisa lakukan untuk membantunya. Terutama saat pasangan terlihat sibuk dengan pekerjaannya, tanpa diminta Anda punya kesadaran untuk bertanya. Ini menunjukkan perhatian Anda. Pijatan ketika pasangan terlihat lelah setelah bekerja seharian sangat membantu. Jangan heran ketika Anda mendapatkan hal serupa darinya.

Aku mencintaimu
Katakan, meski bagi sebagian orang mengucapkan cinta tak bisa semudah itu dilakukan. Bisa jadi karena makna cinta terlalu besar untuk sekadar diumbar dalam ucapan sesaat. Namun mengatakan aku mencintaimu dengan sepenuh hati, dan bukan formalitas untuk menutup pembicaraan telepon misalnya, ini merupakan bentuk cinta dan apreasiasi atas cinta Anda kepada pasangan.

Tak akan mudah mengucapkan jika tak dibiasakan bukan? Ucapkan ungkapan cinta Anda sebagai bukti Anda adalah si pemberi dan bukan sekadar penerima.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s