Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Facebook Ubah Gaya Bahasa Anak Februari 17, 2010

Filed under: Kumbang facebook — kumbang99 @ 10:34 am

Penggunaan situs jejaring sosial Facebook oleh anak bisa berdampak buruk terhadap perubahan gaya berbahasa anak. Sepanjang 2009, Komnas Perlindungan Anak (PA) mencatat, dari 100 laporan pengaduan dampak Facebook, 60 kasus berkaitan dengan penggunaan bahasa yang tidak baik oleh anak.

Hal tersebut disampaikan Sekjen Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/2/2010). Menurut Arist, sebagian besar laporan dampak Facebook berkisar pada masalah penghinaan oleh anak, penggunaan kata-kata kotor, fitnah, dan pelecehan melalui bahasa yang menyerang psikis seseorang.

“Satu tahun terakhir kita catat, ada yang menghina guru, chatting dengan bahasa yang tidak tepat, terakhir ada empat anak yang dipecat (diskors) karena menghina gurunya lewat Facebook,” ujar Arist.

Dengan bahasa tulis di layanan online, komunikasi antarapengguna memang lebih bebas dan leluasa. Bahkan pengguna seringkali menggunakan identitas samaran sehingga merasa lebih bebas untuk mengungkapkan diri termasuk mengeluarkan kata-kata kotor tersebut. Padahal, dunia online saat ini merupakan cermin kehidupan nyata karena situs jejeraing sosial pada dasarnya alat pertemanan yang tetap menghubungkan kawan-kawan di dunia nyata.

Arist juga mengatakan, selain penggunaan bahasa yang kurang baik, Facebook juga berisiko disalhgunakan untuk tindakan perkosaan, penculikan, dan penjualan anak untuk transaksi seksual. “Tahun 2010 muncul itu, 40 kasus terkait penjualan untuk transaksi seksual dan penculikan,” katanya.

Sebagian besar korban Facebook, lanjut Arist, adalah anak-anak usia belasan tahun, sekitar kelas III SLTP hingga kelas I SLTA.

 

2 Responses to “Facebook Ubah Gaya Bahasa Anak”

  1. iin syah Says:

    Kasihan,,, kasihan dgn ank2nya,,kasihan dgn pengguna fb lainnya yg gak ada kaitannya dengan hal2 negatif tsb,,,

  2. kumbang99 Says:

    Klo terus berlanjut bisa2 Fb dilarang nih…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s