Kumbang99 Blog

Just another WordPress.com weblog

Tidur Cukup, Tapi Kok Masih Lelah? Februari 17, 2010

Filed under: Kumbang Kesehatan — kumbang99 @ 10:31 am

Setiap hari Anda terjebak dalam aktivitas rutin yang melelahkan. Berangkat pagi-pagi, tiba di rumah kembali biasanya pukul 21.00. Setelah mandi dan makan malam, Anda masuk ke kamar tidur. Anda berharap bisa istirahat dengan cukup, supaya dapat memulihkan tenaga dan siap menghadapi tugas-tugas yang baru esok pagi.

Namun yang terjadi, Anda selalu merasa kurang energi. Tubuh terasa lemas dan loyo, konsentrasi pun jadi berkurang.

Sebenarnya, memang ada beberapa hambatan yang membuat diri kita kurang berenergi. Kenali apa yang terjadi pada diri Anda, dan segera cari solusinya.

“Saya sangat lelah, tapi malah tidak bisa tidur”
Ada dua hal yang bisa menyebabkan kita sulit tidur: biologis dan psikologis. Menurut Dinastuti, MSi, psikolog, kita perlu memastikan dulu penyebabnya. Caranya? Berkonsultasilah pada dokter dan psikiater. Jika ternyata setelah diberi obat tetap tidak bisa tidur, mungkin gangguannya bersifat psikologis. Kalau demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog klinis.

Untuk mengatasi gangguan psikologis, kita dapat mengikuti terapi atau konseling. Di saat masalah psikologis sudah teratasi, gejala sulit tidur akan hilang dengan sendirinya. Hal lain yang juga bisa menyebabkan adalah kondisi dan situasi tempat kita tidur. Coba periksa lagi. Apakah kamar dan/atau tempat tidur kita sudah cukup nyaman? Apakah sudah bersih dan terhindar dari kebisingan? Kombinasi dua faktor di atas atau lebih bisa menyebabkan kita sulit tidur.

“Saya sudah cukup tidur, tapi saat bangun masih lelah”
Ada baiknya Anda memeriksa kelenjar tiroid atau kadar zat besi. Hormon tiroid yang turun pada wanita usia di atas 50 praktis akan menyurutkan level energi, kata Lynne Kirk, MD, dari American College of Physicians. Sebanyak 5 persen dari wanita berusia di atas 50 tahun memiliki gangguan pada hormon tiroid mereka. Tetapi, sayangnya masalah ini sering tidak terdeteksi. Atasi dengan melakukan pemeriksaan hormon tiroid. Jika Anda masih berada di fase pra-menopause, coba cek untuk melihat adanya gangguan anemia. Problem ini sering menyebabkan kelelahan pada wanita usia muda.

“Stres menguras habis tenaga saya”
Stres memang bisa membuat kita merasa begitu lelah, kata William Boggs, MD, direktur medis di Center of Integrative Medicine, University of Maryland. Resep untuk mengatasinya adalah dengan megnubah berbagai aktivitas rutin yang sering kita lakukan sebagai latihan relaksasi. Setiap kali kita mengambil segelas air, misalnya, jangan langsung diteguk. Berhentilah sejenak dan ambil nafas dalam-dalam beberapa menit.

“Ini akan membuat tekanan menurun,” kata Boggs. “Dan selanjutnya membuat Anda akan lebih mampu menghadapi situasi penuh tekanan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s